Jalan PDBK #5; Bukan Supermen!


 by Agung Dwi Laksono



Jakarta, 09 November 2011


Dear all,

Rasa-rasanya KLU (Kabupaten Lombok Utara) mau meledak! Resonansinya begitu menggelegar dalam ranah PDBK. pak Benny menjadi menjadi buah bibir, demikian masyur di mata penggiat PDBK.
Siapakah dia???

Benny, seorang kepala dinas kesehatan, yang tersulut emosinya saat berlangsung kalakarya PDBK di kabupatennya. Dia tidak sendirian, esmosi berjama’ah, kemarahan kolektif, yang pada akhirnya energi kemarahan itu menjadi pembuktian atas setiap tantangan, yang bagi semua jam’ah kalakarya lebih mirip dakwaan. :’(

Apakah dia, Benny, begitu hebat hingga bisa memanaj amarah kolektif menjadi sesuatu yang positif? Bisa jadi seorang Benny adalah Kadinkes yang hebat, bisa jadi dia seorang manajer, seorang pemimpin, yang mampu memanfaatkan setiap sumber daya, yang tidak bisa diam melihat peluang! Tapi tetap saja... Seorang Benny bukanlah Supermen!

Yang dikembangkan sebagai Jalan PDBK bukanlah seorang lonely rider, bukan one man show. yang sedang dipersiapkan dan dibangun adalah sebuah kondisi, sebuah sistem, yang bisa mapan dan berkelanjutan. Suatu kondisi, dimana pada saatnya nanti, saat orang-orang hebat semacam Benny tidak lagi ada di tempatnya, sistem tetap berjalan, sistem tetap bisa survive.

Jalan PDBK sedang membangun sesuatu yang besar, sebuah sistem! Munculnya tokoh besar adalah side effect saat sistem mulai berjalan.


-ADL-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar